Pages

Kamis, 10 Februari 2011

KENAMPAKAN SOSIAL

KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN

KENAMPAKAN ALAM

( Materi Kelas IV )

KONSEP :

Gejala-gejala Alam

FAKTA :

1. Gempa Bumi

2. Gunung Meletus

3. Banjir

4. Kekurangan Air Bersih

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Setelah mempelajari pelajaran ini, diharapkan siswa memiliki kemampuan untuk menjelaskan sebab-sebab terjadinya gejala alam.

GENERALISASI :

Sebelum proses belajar mengajar siswa dikondisikan terlebih dahulu yaitu dengan pembiasaan membaca do’a, untuk mengingatkan kembali pelajaran yang telah disampaikan sebaiknya diadakan terlebih dahulu apersepsi.

Siswa diberi penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari yaitu tentang gejala-gejala alam. Selain berhadapan dengan kenampakan-kenampakan alam, kita juga sering menghadapi gejala-gejala alam. Misalnya, gempa bumi, banjir, angin topan, dan gunung meletus. Mengapa semua gejala alam ini terjadi? Apa yang menyebabkanya? Bagaimana manusia harus menghadapinya? Dapatkah manusia menghadapinya? Dapatkah manusia mencegahnya? Kita akan mempelajari gejala-gejala alam dalam uraian berikut ini :

1. GEMPA BUMI

Salah satu peristiwa alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu adalah gempa bumi. Apa yang menyebabkan terjadinya gempa bumi? Gempa bumi bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi. Namanya gempa vulkanik. Gempa bumi juga bisa disebabkan oleh pergeseran lempengbumi. Namanya gempa tektonik.

Gempa dapat menyebakan banyak kerusakan. Rumah-rumah dan bangunan bisa hancur.Gempa bumi menyebabkan orang kehilangan harta benda. Gempa bumi juga membuat orang meninggal karena tertimbun reruntuhan bangunan.

2. GUNUNG MELETUS

Gunung api yang masih aktif bisa meletus sewaktu-waktu. Ketika meletus, gunung api mengeluarkan magma, batu-batuan, kerikil, abu, dan gas. Magma adalah cairan sangat panas yang terdapat di perut bumi. Magma yang keluar dari perut bumi disebut lava. Batu-batu besaryang dimuntahkan gunung berapi terbentuk dari lava yang membeku.Kerikil yang dimuntahkan ketika gunung api meletus disebut lapili.Muntahan gunung api yang paling kecil adalah abu halus.Debu ini melayang-layang di udara membentuk awan panas.Awan panas ini bisa memusnahkan semua mahluk hidup yang dilewatinya.

3. BANJIR

Banjir biasanya terjadi pada musim hujan. Banjir adalah air yang mengalir dan meluap dalam jumlah yang sangat besar. Banjir dapat menggenangi daerah-daerah yang dilaluinya hujan deras terus-menerus biasanya akan diikuti bencana banjir. Lahan hutan digunduli juga dapat menyebabkan banjir mengapa demikian, karena pepohonan di hutan menahan air hujan dan membantu meresapkan ke tanah. Akhirnya air hujan akan meluap. Karena itu kita harus menjaga hutan, lereng gunung dan gunung supaya tidak menjadi gundul.

Banjir juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia. Misalnya, kebiasaan membuang sampah ke sungai dan ke selokan air. Sampah tersebut menyumbat aliran air. Akibatnya, air meluap dari sungai / selokan dan menggenangi pemukiman penduduk. Kita harus membiasakan diri untuk menaruh sampah pada tempat-nya. Jangan membuang sampah ke sungai / selokan air.

Di Indonesia hampir setiap tahun terjadi banjir. Penyababnya adalah semakin

berkurangnya lahan hutan. Penebangan liar menyebakan banyak hutan di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua semakin berkurang. Kalau tidak di cegah, suatu saat hutan di Indonesia akan habis. Kalau hutan habis, warga Indonesia akan susah karena akan terus tertimpa bencana alamseperti banjir, tanah longsor, dan sebagainya.

Bencana banjir dapat sangat merusak dan menghancurkan hidup manusia. Berikut ini merupakan beberapa akibat yang ditimbulkan banjir, antara lain sebagai berikut :

a. Bangunan dan tempat tinggal serta harta benda rusak karena terendam ai.

b. Penduduk terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya dan mengungsi di tempat lain.

c. Pabrik dan kantor-kantor terpaksa berhenti kerja.

d. Jalan dan jembatan rusak.

e. Timbul berbagai macam penyakit, seperti penyakit kulit dan penyakit menular lainnya.

4. KEKURANGAN AIR BERSIH

Selain gempa bumi,gunung meletus, dan banjir, peristiwa alam yang mengancam kehidupan manusia adala kurangnya air bersih. Mengapa kekurang air bersih menjadi bencana? Apa pengaruhnya bagi masyarakat? Pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat diantanya adalah :

a. Orang semakin sulit untuk mendapatkan air bersih.

b. Untuk mendapatkan air bersih orang harus membeli air dari pedagang air.

c. Banyak penduduk terserang penyakit karena mereka meminum, memasak, dan mandi memakai air yang tercemar.

Gejala-gejala alam tersebut apabila dilihat dari aspek agama adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Kalau dilihat dari aspek geografis terjadi karena pergeseran dan panas bumi. Kalau dilihat dari aspek ilmu pengetahuan sosial karena adanya ulah manusia yang merusak lingkungan alam, misalnya terjadinya banjir. Kalau dilihat dari aspek sejarah jaman sudah mulai berubah, manusia sudah tidak peduli dengan lingkungan sekitarnta, dan tidak memikirkan akibat yang akan ditimbulkan di kemudian hari.

Dari materi di atas dapat disimpulkan bahwa, manusia menurut keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam juga menghadapi gejala-gejala alam, misalnya banjir, gunung meletus, gempa bumi dan kekeringan. Dari semua itu kita harus menyadari bahwa semua yang terjadi pada alam adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa, tetapi sebaiknya kita sebagai manusia sebisa mungkin dapat mencegahnya, yaitu dengan menjaga terjadinya gejala-gejala alam tersebut. Salah satu diantaranya adalah agar tidak terjadi banjir maka kita tidak boleh membuang sampah ke sungai, jangan melakukan penebangan liar atau menebang hutan sehingga menjadi gundul dan lain-lain. Kesadaran akan kelestarian lingkungan sehingga tidak terjadi gejala-gejala alam seperti tadi hendaklah diawali dari diri kita sendiri sebagai individu sosial.

SOAL EVALUASI

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar !

1. Sebutkan dua jenis gempa bumi !

2. Sebutkan akibat yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi !

3. Benda atau materi apa sajakah yang di keluarkan ketika gunung api meletus ?

4. Sebutkan apa saja penyebab terjadinya banjir !

5. Apa pengaruhnya bagi masyarakat apabila kekurangan air bersih ?

0 komentar:

Poskan Komentar